Time Travelling Menuju SDGs 2030? SNV Indonesia Sudah Mulai Berjalan Pada Arah Yang Benar!

Time Travelling Menuju SDGs 2030? SNV Indonesia Sudah Mulai Berjalan Pada Arah Yang Benar!

img
Pada tahu nggak sih, kalau pada tanggal 25 September 2015 bertempat di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), para pemimpin dunia secara resmi mengesahkan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sebagai kesepakatan pembangunan global? Pada nggak tahu? Nih kita kasih tahu yang nggak di goring dadakan.
 

Jadi, dengan mengusung tema "Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan", SDGs yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

Buat dukung program itu, SNV melalui Youth Empowerment For Sustainable Development Goals atau biar lebih gampangnya kita sebut, YES (dengan menitikberatkan edukasi sanitasi), ingin mengajak kyai dan atu untuk peduli dan terlibat aktif dalam mendukung tercapainya SDGs, khususnya indicator 6 (WASH). Dengan menjadi agen perubahan utama yang dapat menjembatani saat ini dan masa depan, menghubungkan agenda lokal dan global. Jadi, masa ini dan masa depan dapat terhubung tanpa quantum reality-nya Ant Man yang buat para Super Hero yang mati di Infinity War hidup lagi di Avenger 4 (eh, sorry spoiler).

Emang, ya, untuk urusan gini-ginian SNV nggak mau ketinggalan. Setelah track record keren SNV di beberapa kabupaten di Lampung satu tahun lalu, SNV melalui YES punya tujuan menciptakan platform bagi kaum muda untuk terkoneksi dan mengkolaborasikan ide-ide mereka sehingga mereka memiliki peran penting untuk meningkatkan pengelolaan sanitasi yang aman, dengan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan perempuan dan anak perempuan, serta mereka yang berada pada situasi rentan untuk mencapai SDGs 2030. Bikin gemes deh!

Ada 2 kegiatan utama dari SNV yang bakal ngajak para anak muda Lampung untuk ikut terlibat menjadi agen perubahan demi tercapaianya SDGs 2030:

SANITATION ROADSHOW

Bukan cuma Red Hot Chili Papper saja yang bisa roadshow, Sanitasi juga bisa. Roadshow ini akan berlangsung di lima kampus hits di Bandarlampung.

  1. Politeknik Negeri Lampung (8 September 2018)
  2. Institut Teknologi Sumatera (13 september 2018)
  3. Universitas Islam Negeri Bandar Lampung (15 September 2018)
  4. Universitas Lampung (19 September 2018)
  5. Politeknik Kesehatan Tanjung Karang (21 September 2018)
Pada acara ini, ada talk show Sanitasi dengan tema “Sanitasi Aman Tanggung Jawab Bersama” dengan pembicara dari SNV Indonesia, juga penampilan dari local heroes yang nggak mau disebut local heroes karena sesungguhnya anti hero seperti Deadpool, ialah Holaspica!

Dan untuk acara puncaknya, Road Show ini akan berlabuh di Gudang Rupa Food And Beverage dengan tajuk utama SENITASI. Roadshow ini sendiri akan berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 12 siang.

YOUTH SANITATION CAMP

                                                                                                                              

 

Setelah rangkaian road show, SNV pun akhirnya mempertemukan agen-agen perubahan dari tiap kampus dan umum untuk ngobrolin masalah sanitasi. Di kegiatan ini, para anak muda yang terpilih akan mempresentasikan ide-idenya untuk diaplikasikan langsung di dunia nyata sehingga masalah-masalah sanitasi dapat teratasi.

Tentunya aktivitas ini pun dirancang untuk mencapai SDGs 2030 yang pastinya akan semakin dekat. Kalau SDGs 2030 tercapai, bukan kamu saja yang bangga, bukan orang tuamu saja, juga bukan pacarmu, gebetan, mantan pacar atau orang yang ngejebak kamu friendzon esaja, tapi seluruh Indonesia.

Kegiatan Youth Sanitation Camp sendiri akan diadakan di Taman Wisata Alam Wira Garden pada tanggal 12-14 Oktober 2018.

Nah, pada akhirnya, untuk kamu semua yang baca artikel ini, persiapkan diri kamu, untuk jadi agen perubahan bareng SNV Indonesia. Sampai jumpa, salam perubahan!

 

Komentar

Leave A Comment

Posts from Alletta