Melestarikan Ahad Lampung Lewat Kartun

Melestarikan Ahad Lampung Lewat Kartun

img
Secara tidak sengaja kami menemukan Fanpage Kartun Aksara Lampung – Lampung Alphabet (KAL-LA) di facebook. Kami amati dan kami baca satu persatu kiriman di news feed fanpage tersebut. Adi Yuza berperan sebagai single fighter di balik fanpage ini. Menunjukkan kecintaan pada Lampung nggak cukup hanya dengan verbal, Adi Yuza pun mencoba membuktikannya lewat pergerakan nyata.
 

Okay Yay, Jadi yay... sejak tahun berapa ngurus akun KAL-LA? Kuliah jurusan budaya atau gimana nih?

Akun KAL-LA dimulai sejak tahun 2013. Admin bukan dari jurusan kebudayaan atau semacamnya.

Jadi kiyay ini murni suka budaya lampung aja? atau jangan-jangan ini kiyay titisan Anak Kerajaan Skala Brak Lampung ya hehe. Kiyay ini single fighter atau bekerja kolaborasi di setiap postingan di FP?

A : Sejak lahir Saya suka budaya Lampung, terutama Bahasa dan Aksaranya. Terimakasih atas apresiasinya. Untuk saat ini adminnya bekerja sendiri. Dulu pernah mau rekrut admin, tapi gak ada yang minat. Hehehe

Sukunya Sunda atau lampung yay? jadi? foto, desain, konten dan olah digitalnya semua di kerjain sendiri?

Saya Lampung. Iya semua dikerjakan sendiri kalau kerjaan kantor lagi gak begitu banyak.

Lampung ini bisa di bilang lengkap, selain punya bahasa, aksara, dan kebudayaan yang masih lestari tapi tidak semua menyadarinya. Kami ingin tau, bagaimana kiyay menganggap ini semua menjadi hal yang penting?

Bahasa, aksara, dan kebudayaan adalah hal penting. Karena bagaimanapun, itulah jati diri kita, milik kita. Apa yang membuat kita sejajar dengan Bangsa Mesir kuno, Bangsa India kuno, Bangsa Cina kuno? Jawabnya adalah Aksara, Bahasa, dan Kebudayaan. Orang Lampung sejak zaman dulu sudah memiliki ketiganya. Ini artinya, peradaban sudah ada di Lampung sejak lama sekali. Tapi kita abai dengan apa yang kita miliki.

Sebagai contoh, Motif kapal pada Kain Tapis. Bayangkan, betapa hebatnya nenek moyang kita dapat membuat kapal besar yang dapat memuat beberapa ekor gajah. Tapi teknologi apa yang mereka gunakan, kita belum mengetahuinya. Karena belum ada kajian-kajian serius mengenai nenek moyang kita. Ada banyak peninggalan nenek moyang yang jika kita mau mengkaji pasti kita peroleh jawabannya. diantaranya adalah catatan-catatan orang Lampung dalam aksara Lampung yang saat ini tersimpan di universitas Leiden dan British Library.

Negara kita dikenal selalu terlambat dalam menghargai dan mengapresiasi karya dan kebudayaan sendiri. Pernah ada rasa ketakutan ga Yay, jika suatu hari aksara dan bahasa Lampung ini di klaim sebagai kebudayaan bangsa lain yay?

Kalau itu sih enggak ya. Tapi yang lebih mengkhawatirkan itu kalau suatu saat nanti gak ada lagi yang bisa bahasa dan aksara Lampung.

Yay apakah kiyay di berbagai kesempatan selalu berbahasa lampung? (kecuali chat sama kami ya hehe)

Iya. Kalau bertemu dengan orang Lampung dan bisa berbahasa Lampung, Kami akan menggunakan bahasa Lampung.

Sangking cintanyaya ya Yay sama aksara dan bahasa lampung, sampai Kiyay membuat font aksara lampung?

Iya salah satunya. Selain itu, supaya kita bisa mudah mengetik dengan komputer.

Oia, kamu sempat berkontribusi untuk Pure mengerjakan sendiri atau berkolaborasi yay untuk membuat font tersebut?

Semua saya kerjakan sendiri.

Sekarang lagi apa nih yay? lama tinggal di luar lampung makanan apa yg yay kangenin dari lampung?

Saya masih di Lab. Sebentar lagi pulang. Kalau makanan yang dikangenin, Seruwit, Petar (Petai), Kucuk kikim, Ikan Mas Bakar, Rujak Tahu, Gulai Krakkap, Banyak Deh.

Boleh tau dong buku favoritnya apa…?

Saya suka berbagai jenis buku termasuk komik dan novel. Beberapa novel yang saya suka: Muhammad karya Martin Lings, Bumi Manusia karya Pramoedya, Pope Joan karya Donna Cross, sama Sayap-Sayap patah karya Kahlil Gibran.

 

Mengingat kesibukannya di salah satu Lab riset ITB di bidang kegempaan dan tektonik, membuat chat kami berakhir. Kita doakan bersama ya sebelum kiyaynya pindah ke jepang sempat pulang dulu yak ke Lampung. Kali aja kami jadi beruntung menyambung obrolan yang menggantung.

Fanpage KAL-LA

Komentar

img

Imusmbot

Komentar

,

img

Vgzuhdco

Komentar

,

img

Wegsgfrr

Komentar

,

img

Xniqidgv

Komentar

,

img

Fsokauos

Komentar

,

img

oru poiyavathu sol kanne song lyrics

Komentar

you can get freeware now ,after click the link,get free now oru poiyavathu sol kanne song lyrics http://www.solidob.com/list/oru-poiyavathu-sol-kanne-song-lyrics.htm

img

Dqhmidsm

Komentar

, IQ Option, uga, binary options, 8[[[,

img

Xwsrolre

Komentar

, IQOption, =PP, binary options, :-DD,

Leave A Comment

Posts from Intan Pradina