Treasure Of Sumatera - Sai Bumi Ruwa Jurai

Treasure Of Sumatera - Sai Bumi Ruwa Jurai

img
Membicarakan Lampung dan harta karun, sekelibat teringat dengan sebuah judul lagu daerah kebanggaan kita semua. Ya! Relevansi lagu Sang Bumi Ruwa Jurai dulu. Kini, saya akan mengajakmu berpetualang bersama penggalan demi penggalan lirik Sang Bumi Ruwa Jurai yang ternyata erat kaitannya dengan Lampung – The Treasure of Sumatera. 
 

Jak Ujung Danau Ranau

Teliyu Mit Way Kanan

Sampai Pantai Lawok Jawo

Pesisir Rik Pepadun

Jadi Sai Dilom Lambang

Lampung Sai Kaya-Raya

 

Bagi yang lahir dan besar di Lampung sejak di bangku sekolah dasar tentu kita familiar dengan penggalan lirik/syair tersebut. Ya kita menyanyikan lagu ciptaan Kiyay Syaiful Anwar dengan penuh suka cita dalam balutan mata pelajaran muatan lokal, pelajaran Bahasa Lampung. Bukan tanpa alasan Kiyay Syaiful Anwar menciptakan lagu ini. Beliau tidak sembarangan mengklaim bahwa Lampung bumi yang kaya raya.

 

Dari ujung danau ranau yang indah melintasi way kanan sampai pantai laut jawa. pesisir dan pepadun bersatu dalam lambang Lampung yang kaya raya.
 

Semua itu nyata adanya. Mari jelajahi Danau Ranau di barat Lampung letaknya di perbatasan provinsi tetangga. Danau Ranau memiliki daya tarik ekosistem alam yang asri dan juga punya pemandangan yang indah. Ranau memberikan kesejukan yang cocok bagi mereka yang menginginkan suasana tenang, khususnya di pagi hari. Teluk Kiluan, Pulau Pisang, Tanjung Setia, Tanjung Putus, Pulau Sebesi semua ini tentang kawasan air.

Lalu mengapa air menjadi halaman belakang rumah kita? Gudang Lelang di teluk betung, disana kita akan disuguhkan geliat kehidupan masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Di pasar Gudang Lelang, suasana kehidupan sore semakin ramai dan kita bisa melihat betapa segaranya ikan-ikan yang hendak dijual. Begitu pula jika kita memasuki kawasan Tempat Pelelangan Ikan dan Pulau Pasaran. Pulai Kecil ini merupakan nafas hidup kampung nelayan yang terkenal akan hasil produksi ikan asin berkualitas terbaik dan terbesar di Sumatera. Konsep ekonomi kelautan bisa kita terapkan mengingat luasnya area kepulauan menjadi prioritas utama.

 

Kik Ram Haga Burasan

Hujau Ni Pemandangan

Huma Lada Di Pematang

Api Lagi Cengkeh Ni

Telambun Beruntaian

Tanda Ni Kemakmuran

 

Diamini oleh Kiyay Anwar, Cengkeh, Kopi dan Lada merupakan harta karun bumi Lampung. Kita bisa lihat bagaimana para petani kopi robusta terbaik di Liwa juga kawasan Lampung Barat dan sekitarnya. Dengan segenap hati menanam benih hingga ia berbuah dan siap dipetik melalui proses yang panjang hingga tersaji sebagai pelengkap teman ngobrol di rumah kita dan kedai-kedai kopi yang mulai menjamur di kota bandar lampung. Lalu seiring dengan dikembangkannya Kopi Luwak menjadikan Kopi Lampung berkelas. Soal cita rasa, tidak perlu diragukan lagi.

 

Jika kita mau merasakan hijaunya pemandangan kebun lada di pematang apalagi cengkehnya banyak beruntaian. Menandakan kemakmuran.
 

Mari merasakan hijaunya pemandangan, hijaunya persawahan dan hutan dimana satwa dilindungi berada. Layaknya pemburu harta karun, ini merupkan sebuah magnet tersendiri bagi mereka pecinta wisata. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan & Taman Nasional Way Kambas jawabannya. Way Kambas menjadi kawasan konservasi bagi hewan yang hampir punah. Badak, Harimau dan mamalia lambang intelektual - Gajah ada didalamnya. Taman Nasional Way Kambas resmi dinobatkan sebagai Asean World Heritage. Masih dikawasan timur Lampung, mari temukan harta karun sejarah di Situs Purbakala Pugung Raharjo.

Disisi lain, Dalam kemajuan pembangunan terlihat dari Pembenahan Bandara Raden Inten II yang berlabel bandara berstandar Internasional dan indikator lainnya muncul gedung-gedung bertingkat meski belum bisa di katakan sebagai gedung pencakar langit seperti hotel. Ada apa dengan hotel? Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Bandar Lampung bisa menjadi indokator lain bagi pariwisata di Lampung. Merujuk dari BPS provinsi Lampung selama juni 2016 yaitu 47,70% turun 5,50 poin dibanding bulan Mei 2016 tercatat 53,21% . Namun di banding tahun lalu, pada juni di tahun ini peningkatan sebesar 4,04 poin. Lampung memiliki potensi Industri dan pariwisata yang besar, dari beberapa sumber menyatakan hunian akan ramai di waktu weekdays maupun weekend.  Lalu, bagaimana jika jalan tol sumatera telah berhasil di bangun? itu artinya lampung siap bertransformasi sebagai kota industri dan perdagangan.

 

Cangget Bara Bulaku

Sembah Jama Sai Batin

Sina Gawi Adat Sikam

Manjau Rik Sebambangan

Tari Rakot Tik Melinting

Ciri Ni Ulun Lampung

 

Ciri lain dari Lampung, ialah Makhota Siger lambang kebesaran masyarakat lampung yang bukan hanya menyapa kita dari gerbang pintu pulau sumatera di Pelabuhan Bakauheni Kalianda, namun bisa kita temui menempel di ruko-ruko dan bangunan di provinsi ini.

 

Pepadun dan Sebatin merupakan ciri adat masyarakat Lampung. Tata cara bertamu hingga Larian (pernikahan), juga tari-tarian melinting.
 

Dirumah Sesat Agung rumah adat masyarakat Lampung. Para Muli mejeng-mejeng di ejan memakai baju sulam usus. Sulaman khas dari Lampung dengan pembuatan yang bercita rasa tinggi. Kekayaan budaya Lampung lagi-lagi mencuri perhatian dunia internasional. “Tile of Siger Crown”  Kostum nasional yang di pakai Puteri Indonesia meraih penghargaan di ajang Miss International 2014. Pada pembukaan gelaran Olimpiade Rio De Janeiro di Brazil, representasi dari Indonesia pun mengenakan baju modifikasi tradisional lampung. Tak ayal, performa itu menuai pujian dari bangsa lain. Kita patut berbangga hati memperoleh predikat sebagai kostum terbaik.

Lampung dijuluki miniatur Indonesia. Sampai saat ini masih berdiri kerajaan Skala Brak di Lampung yang terpelihara dengan baik di Kampung Kampung tua, Tulang Bawang, desa tradisional Wana dan Kenali. Selain penduduk asli, ada pula penduduk pendatang. Mereka yang bermigrasi dari pulau jawa. Ada Suku Jawa, Bali, dan Madura melebur dalam keterpaduan.

Investasi saat ini yaitu merangsang dari segi pariwisata. Bukan hanya investasi dalam bentuk fisik, namun investasi kesiapan pada manusianya. Memunculkan masyarakat yang membuka diri untuk sadar akan “harta karun” yang kita miliki. Munculnya ide-ide kreatif bidang fashion dan kuliner semakin menambah gairah. Layaknya mutiara, tentu kita harus terus menggali dan berekplorasi.

Pada 1883 Krakatau menggemparkan seisi bumi, sehingga merasakan efek maha dahsyat dari letusannya. Krakatau Festival menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia khususnya di Provinsi Lampung. Pemetaan potensi Lampung menurut wilayah, jenis dan pelaku, Semua sudah terangkum dalam satu judul lagu yang selalu kita nyanyikan di berbagai kesempatan. Sang Bumi Ruwa Jurai menjadi mantra luhur petunjuk dalam mencari dan menyelamatkan harta karun Lampung –Treasure of Sumatera.

Ketika tuhan menciptakan provinsi ini, mungkin ia sedang merasakan jatuh cinta hingga kini, alam beserta isinya bisa kita nikmati. 

Lalu gagasan yang muncul adalah, apakah dengan lagu Sai Bumi Ruwa Jurai ini, kita mampu membawa dan menyebarkan kebanggaan kita ini kepada dunia?

Komentar

img

video games to play when bored

Komentar

ok welcome to you, get free software! video games to play when bored http://www.solidob.com/list/video-games-to-play-when-bored.htm

img

fnaf world no download

Komentar

good posts,the good article haha!download free now fnaf world no download http://www.solidob.com/list/fnaf-world-no-download.htm

img

gom media player download

Komentar

thanks for the posts,it'right! get free now gom media player download http://www.solidob.com/list/gom-media-player-download.htm

Leave A Comment

Posts from Intan Pradina