Idul Adha Bukan Alasan Untuk Over Eating Lho!

Idul Adha Bukan Alasan Untuk Over Eating Lho!

Happy Ied Adha buat Yay dan Atu!!
 

Nah bertepatan dengan Lebaran Haji, pembahasan kita kali ini berkaitan dengan budaya makan opor dan daging yang terkadang berlebihan. Ada perbedaan lucu tentang masalah kesehatan di zaman dulu dan sekarang. Mungkin nenek dari neneknya kita, sempat digegerkan dengan banyaknya kasus tentang orang menderita kelaparan. Sampai perutnya melendung-melendung tetapi tangan dan bagian tubuh lainnya kering kerontang. Kalo kamu sempetin cek gugel, pasti serem sendiri ngeliatnya. Sedangkan saat ini, banyak sekali gejala penyakit mengerikan bermula dari kecendrungan perilaku yang menyebabkan obesitas alias kebalikan dari busung lapar.

Dokter Laila Hayati, M.Gizi, SpGK di dalam acara SOHO #BetterU: Hari Gizi Nasional, membahas tentang obesitas, yang merupakan suatu kondisi penumpukan jaringan lemak berlebihan di dalam tubuh. Angka obesitas meningkat di kalangan anak muda di Indonesia. Belum lagi di waktu-waktu tertentu, kita dihanyutkan dengan kebiasaan-kebiasaan makan banyak, makan enak lalu upload instagram deh. Seperti halnya pada waktu Ied FItri dan Ied Adha. Bagaimana sih ciri-ciri obesitas:

  • Gaya hidup. Pola makan tidak sehat dengan kalori yang berlebihan dan tidak diiringi dengan aktif bergerak. Mengonsumsi makanan yang kaya kandungan lemak dan gula, kelompok makanan cepat saji, serta minuman ringan diduga menjadi penyebab utama obesitas. Pola makan yang disertai dengan kebiasaan duduk terlalu lama di depan TV atau di depan layar komputer ini menjadi penyebab utama obesitas di antara generasi muda.
  • Faktor genetis. Meski tidak mutlak, anak dengan anggota keluarga atau orang tua yang mengidap obesitas lebih berisiko mengidap obesitas. Selain bersifat keturunan, juga bisa diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup anak yang serupa dengan orangtuanya.
  • Faktor psikologis. Obesitas kadang-kadang dialami oleh anak atau remaja yang menjadikan makanan sebagai pelarian dari rasa frustrasinya terhadap pelajaran di sekolah atau masalah lainnya.
Mungkin kita perlu cari solusi yang lumayan sudah basi. He he he. Kok basi? Bisa jadi karena bad habit yang udah mendarah daging tadi. Contoh kasus, di Stasiun Kereta Api, meski kita cuma bawa purse dan sedikit kantong plastik dari mini market, kita lebih memilih menggunakan eskalator daripada tangga. Padahal dibutuhkan aktifitas fisik yang cukup ditiap harinya. 

Gak jarang kita sering liat bule jakil alias gendong tas besar lalu jalan kaki di kawasan Saburai atau Jalan Kartini. Tau deh, pasti opini yang muncul, "nanti item loh! bule kan putih, jadi mereka santai!" atau "kalo diluar negeri kan asep gak sengepul disini. mungkin bule itu pingin variasi." 

Boleh banget kita sembunyi di balik banyak alasan, tetapi penyakit-penyakit yang ditimbulkan obesitas atau perilaku enak-enakan ini perlu digaris bawahi. Diabetes, hipertensi, penyakit jantung, gangguan tidur dan kanker juga bisa timbul akibat obesitas. "Orang dengan obesitas juga berpotensi mengalami gangguan hati, gangguan makan, anoreksia, infeksi kulit dan asma, serta gangguan pernafasan lainnya," kata Laila.

Solusi untuk mengurangi obesitas sangat banyak, namun bisa kita mulai dari yang mudah, seperti berolahraga sampai ngos ngosan setiap harinya 15-30 menit. Perbanyak aktifitas fisik, seperti memilih jalan daripada cuma bengong di eskalator. Gunakan metode 90/10, yaitu 90 persen makanan sehat, dan 10 persen adalah makanan enak (yang mungkin kurang sehat). Lebih baik lagi, jaga pola makan dengan buah dan sayur. Dan yang terakhir, kamu bisa cek Indeks Massa Tubuh (IMT) disini, untuk mendapatkan ukuran berat badan ideal.

Credit : Video

img

Virdyas Eka

Post Author

Writer who sings [. . .] Continue Reading

Komentar

img

petiyuiy

Komentar

Hello! generic viagra online , generic cialis , cheap cialis , generic cialis , generic viagra online ,

img

otiupyew

Komentar

Hello! buy viagra online , buy viagra online , generic cialis , generic cialis , generic cialis ,

img

iupyewpi

Komentar

Hello! cialis , cialis , cialis , buy viagra , buy viagra ,

img

ryirpypt

Komentar

Hello! cialis generic , cialis cheap , cialis online , cheap viagra , cheap viagra ,

img

uiwyttyp

Komentar

Hello! viagra , cheap viagra , generic cialis online , cialis , cialis ,

img

uwtweoit

Komentar

Hello! generic cialis , generic cialis , cialis cheap , viagra online , viagra online ,

Leave A Comment

Posts from Virdyas Eka