500 Days Of Volunteering

500 Days Of Volunteering

img
This is not love story kata narator dalam 500 Days of Summer, film yang judulnya saya plesetkan namun tetap cooldalam artikel ini. Hal ini begitu mengingatkan saya dengan para volunteer (relawan) yang berkecimpung dalam komunitas atau pergerakan sosial di Bandar Lampung.
Biar saya ceritakan sedikit tentang film tersebut bagi kamu yang sehari-harinya nonton Uttaran.Berkisah tentang pria bernama Tom Hansen, si pria kesepian yang kedatangan Summer Finn dalam hidupnya sehingga hidupnya menjadicolorful seperti pensil warna faber  castle. Berbagai momen suka dan duka dilewati selama 500 hari kebersamaan mereka sehingga penonton akan mengira bahwa narasi di awal film tersebut adalah omong kosong, “Come on man! This is love story!”.

Namun di akhir cerita, Summer yang semenjak perkenalan dengan Tom mengatakan bahwa ia tidak percaya cinta dan tak akan mencari hubungan serius nyatanya malah mencampakkan Tom dan bertunangan dengan pria lain. Well, ternyata omongan narator di awal film itu benar. This is not a love story. Because love never leaves each other!

Sekarang, mari kita korelasikan (walau sedikit maksa) dengan peran beberapa volunteer di berbagai komunitas sosial di Bandar Lampung. Banyak komunitas sosial di Bandar Lampung yang bergerak di bidang pendidikan dengan membangun sekolah sekolah alternative atau taman baca sampai komunitas yang bergerak membagikan makanan hingga donasi kepada yang membutuhkan. It’s a great movement! Semuanya seolah akan baik-baik saja, dengan jargon saling berbagi yang mencambuk semangat kepedulian di sanubari para volunteer.

Akan tetapi, nyatanya ini “Not Love Story” terjadi juga dalam beberapa komunitas tersebut. Tidak sampai 500 hari seperti Summer, para volunteer pun banyak yang “muntaber,” alias mundur tanpa berita. Kesibukan personal menjadi tameng yang sekeras perisai milik Captain America. Summer pernah mengatakan bahwa hubungan yang ingin dijalani hanya sebatas having fun saja, itu sama seperti yang dicari para “Volunteer” ini. Mencari having fun disela kesibukan untuk pencitraan di sosial media (lho! Iyatah?).

Semuanya menjadi drama kala Volunteer akhirnya benar-benar menghilang dari peredaran pergerakan komunitas, seperti Summer yang begitu saja menghilang dari hidup Tom, bayangkan lah bagaimana perasaan Tom! (baperrr-baperrr! )

Tom Hansen merupakan refleksi dari murid-muridmu di Taman Baca yang menanti kedatanganmu, teman-teman yang membutuhkan bantuanmu untuk meneruskan kegiatan kalian atau mereka yang pernah kamu beri sebungkus nasi di pinggir jalan, apa semua itu benar latah saja bagi warga kota ini? Lalu kamu jawab, “karena kerjaan, saya sekarang sibuk lho! Gak ada waktu luang lagi seperti dulu”, yah coba kamu tanyakan kepada diri sendiri, apa kamu benar-benar hidup secara sadar dalam mengambil keputusan atau kamu hanya ikut arus, tanpa pernah mempertanyakan bila ada sesuatu yang salah di hidupmu. Coba iseng deh, cari di google, ketik “meluangkan waktbagi volunteer yang super sibuk”, pasti ada, kok, yang bisa dipelajari dan kamu gak akan ada lagi alesan buat sok sibuk.

Tidak menutup kemungkinan mereka yang terbilang crazy busy dan tidak dapat lagi meluangkan waktunya untuk kegiatan sosial, mungkin memang mempunyai masalah lain yang menghambat mereka untuk datang dan membantu. Dan masalah itu tidak toleran dan benar-benar menghabiskan waktunya. Hanya saja ada kutipan dari sebuah essay Tim Kreider berjudul The Busy Trap, “the best investment of my limited time on earth was to spend with people I love”. Beberapa orang memilih waktu timbang mengejar uang di sisa hidupnya. Lalu pertanyaan apalagi yang muncul ketika kamu mengingat mereka yang bahagia ketika melihatmu datang, hanya sekedar mengajar yang kamu tahu, mengangkat telpon mereka meski kamu sedikit ruwet, tetapi mendapati suara itu adalah suara yang meringankan beratnya harimu, teman-teman senasib dan sepenanggunganmu yang menanti kabarmu, ingin menraktirmu kopi lagi. Hmm..

Ngomong-ngomong, itu notifikasi instagram muncul terus di layar handphone .Gimana kalau geser sedikit ke aplikasi WhatsApp atau bebeem-mu. Ketik “hai, apakabar semua?” di grup yang sengaja kamu mute, karena merasa bersalah tidak ikut kegiatan lagi meski kamu senggang. “Aeeehlaaaaahhhhh…gengsi doooong,” sahut hati yang tiba-tiba menjelma jadi Warkop DKI. 

Komentar

img

tum to thehre pardesi video song

Komentar

nice posts, the good article haha!download free now tum to thehre pardesi video song http://www.solidob.com/list/tum-to-thehre-pardesi-video-song.htm

img

assalamualaikum wallpaper in english

Komentar

nice posts, the good article haha!download free now assalamualaikum wallpaper in english http://www.solidob.com/list/assalamualaikum-wallpaper-in-english.htm

img

saravana stores owner

Komentar

thanks for the posts,it'right! get free now saravana stores owner http://www.solidob.com/list/saravana-stores-owner.htm

img

Chiropractic Denver CO

Komentar

Good post however I was wondering if you could write a litte more on this subject? I'd be very thankful if you could elaborate a little bit further. Many thanks! http://soggykeepsake31.pen.io

img

dayz news

Komentar

good posts,the good article haha!download free now dayz news http://www.solidob.com/list/dayz-news.htm

img

how to use lucky patcher for in app purchases

Komentar

nice posts, the good article haha!download free now how to use lucky patcher for in app purchases http://www.solidob.com/list/how-to-use-lucky-patcher-for-in-app-purchases.htm

img

maxi dresses

Komentar

it's good article haha!download free now maxi dresses http://www.solidob.com/list/maxi-dresses.htm

img

mp3 cutter joiner

Komentar

it's good article haha!download free now mp3 cutter joiner http://www.solidob.com/list/mp3-cutter-joiner.htm

img

dat to mp3 converter online

Komentar

it's good article haha!download free now dat to mp3 converter online http://www.solidob.com/list/dat-to-mp3-converter-online.htm

img

pc portable montage video

Komentar

it's good article haha!download free now pc portable montage video http://www.solidob.com/list/pc-portable-montage-video.htm

Leave A Comment

Posts from Virdyas Eka Diputri